Blogroll

Selasa, 21 Maret 2017

Artikel tentang pengertian macam bencana alam dan penyebabnya


Namun bagi orang yang beriman mereka akan langsung berfikir untuk muhasabah diri atau intropeksi diri tentang apa yang ia lakukan di hari-hari yang lalu. Adanya bencana alam ini merupakan topik yang memang sudah sering pada era yang modern saat ini. Berbagai bencana alam yang ada bisa jadi akan terus menerus akan datang tanpa bisa kita sadari.
Walaupun pada diri manusia mampu melakukan prediksi tentang kapan terjadinya suatu bencana alam. namun mereka tidak akan mampu untuk menghentikan bencana tersebut. Walaupun mereka mampu hanya untuk memperkecil adanya korban jiwa.
Daria danya bencana alam itu, kerugian yang bisa diderita memang amatlah besar. Sebagai manusia kita hanyalah bisa untuk menghindari saja, namun tidak mampu untuk menghentikan akan terjadinya bencana alam walaupun sekuat apapun si manusia tersebut.
Maka dari itu mengetahui tentang apa saja bencana alam yang ada di Indonesia. Berikut ini saya bagikan tentang pengertian bencana alam, macam macam bencana alam dan penyebabnya beserta jenis bencana alam lengkap dengan gambar bencana alam.

PENGERTIAN BENCANA ALAM / DEFINISI BENCANA ALAM

Bencana Alam adalah salah satu suatu kejadian atau peristiwa pada alam yang mempunyai dampak yang bisa mengakibatkan jumlah populasi pada manusia terancam. Macam macam bencana alam tersebut bisa berupa letusan gunung berapi, gempa, banjir, tanah longsor, tsunami, kebakaran hutan, angin puting beliung atau angin topan, kebanjiran, kekeringan, dan juga lainnya.
Walau adanya bencana alam tersebut emamang sudah biasa terjadi pada Bumi kita ini, namun kita yang hanya sebagai manusia tidak mampu untuk menghentikannya. Kita sebagai manusia hanya mampu memperkecil akan dampak dari bencana alam yang terjadi. Jadi bencana alam adalah suatu rangkaian peristiwa yang terjadi pada alam.

MACAM MACAM BENCANA ALAM

Setelah kita mengetahui akan penegertian bencana alam yang ternyata ada banyak macam macam bencana alam yang ada di dunia ini. Maka dari itu mari kita simak macam macam bencana alam dan penyebabnya pada keterangan macam macam bencana alam berikut ini:

1. BENCANA ALAM BANJIR

Macam macam bencana alam yang pertama adalah banjir. Banjir adalah suatu bencana alam yang bisa diakibatkan oleh adanya curah hujan yang mamang cukup tinggi dengan faktor yang tidak diimbangi dengan adanya saluran-saluran untuk pembuangan air yang cukup memadai.  Sehingga paa saat diguyur hujan yang lebat dan curah airnya tinggi, airnya bisa tergenang dan berakibat banjir yang mampu merendam pada berbagai wilayah-wilayah yang memang cukup luas.
Pada umumnya bancana alam banjir seniri terjadi karena adanya luapan pada air sungai yang saat itu tidak mampu untuk menghadang akan derasnya air yang datang. Sehingga bisa menyebabkan dan mengakibatkan jebolnya suatu sistem perairan pada suatu daerah.
Banjir juga bisa diakibatkan karena faktor ulah manusia sendiri. Salah satu faktor terjadinya banjir karena ulah manusia adalah karena membuang sampah yang sembarangan. Semisalnya saja dibuang pada saluran-saluran pembuangan air serta melakukan penebangan pohong-pohon dengan liar. Padahal adanya pohon sangat bermanfaat sekali sebagai sala satu penyerap air pada saat datangnya hujan yang tinggi.
Gambar Bencana Alam Banjirmacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

2. BENCANA ALAM GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah sebuah guncangan atau sebuah getaran yang biasanya terjadi pada permukaan bumi yang di akibat pelepasan suatu energi dari dalam bumi. Dan guncangan tersebut secara tiba-tiba menciptakan suatu gelombang seismik. Adanya becana gempa bumi biasanya penyebabnya karena adanya pergerakan pada lempeng bumi atau kerak bumi.
Gempa bumi bisa diukur getarannya dengan memakai alat pengukur getaran yang bernama Seismometer. Skala yang paling umum digunakan untuk mengetahui adanya gempa pada suatu daerah di seluruh dunia biasanya memakai skala Moment Magnitudo dan Skala Rickter adalah skala yang besarnya lokal 5 magnitude.
Biasanya terjadinya bencana gempa bumi terjadi di daerah-daerah yang memang dekat dengan adanya patahan lempengan bumi. Gempa adalah bencana alam yang tidak mampu untuk diperkirakan, Maka karena itu sebuah gempa merupakan salah satu bencana alam yang memang bencana alam tergolong sangat berbahaya.
Untuk mengurangi kerugian yang terjadi saat terjadinya gempa bumi secara mendadak ada berbagai cara. Cara tersebut salah satunya seperti membangun bangunan yang memang mampu untuk meredam adanya getaran gempa, memperkuat pondasi bangunan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Gambar Bencana Alam Gempa Bumimacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

3. BENCANA ALAM GUNUNG MELETUS

Penyebab terjadinya Gunung meletus bisa dikarena adanya endapan magma yang ada pada perut bumi yang kemudian didorong keluar oleh gas yang sat itu memiliki tekanan tinggi. Dari adanya letusan-letusan tersebut itulah sebuah gunung berapi mampu untuk terbentuk.
Letusan dari gunung berapi juga bisa menelan dan merenggut adanya korban jiwa serta mampu melibas harta benda yang cukup besar. Gunung meletus adalah salah satu dari macam bencana alam memang yang sangat dahsyat adanya.
Karena terjadinya gunung meletus yang diakibatkan olrh meningkatnya sebuah aktivitas magma yang berada di dalam perut bumi. pabila gunung akan meletus maka dapat dideteksi dengan cara melihat aktivitas perkembangannya, mulai dari siaga, waspada, awas dan hingga puncaknya yaitu meletus.
Ketika suatu gunung meletus maka akan mengeluarkan macam-macam jenis material yang ada pada perut bumi. Material-material yang keluar dari perutbumi itu seperti batu, debu, awan panas, kerikil, hingga magmanya.
Karena pada waktu akan terjadinya gunung meletus bisa untuk diprediksi. Maka kita bisa mengurangi korban dengan memberi suatu peringatan kepada para warga supaya segera mengungsi menuju tempat yang dirasa lebih aman.
Magma sendiri adalah suatu cairan yang panas yang keluarnya berasal dari dalam perut bumi. Dengan memiliki suhu yang amat sangat tinggi, yang telah diperkirakan panasnya lebih dari 1000 derajat celcius. Suatu Magma yang keluar dari dalam perut bumi biasanya disebut lava.
Terjadinya gunung meletus bisa berdampak baik juga untuk masyarakat. Sebab pada saat waktu sekitar 1 sampai 2 bulan seusai terjadinya bencana gempa, tumbuh-tumbuhan akan menjadi lebih subur, yang dikarena zat pada debu dan juga material-material yang telah dikeluarkan mempunyai zat hara yang memang sangat tinggi.
Gambar Bencana Alam Gunung Meletus
macam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

4. BENCANA ALAM TSUNAMI

Tsunami atau bisa diartikan “ombak besar dari pinggir pulau” adalah suatu perpindahan badan suatu air laut menuju daratan dengan jumlah yang besar-besaran yang bisa disebabkan krena adanya perubahan permukaan laut secara vertikal pada saat yang tiba-tiba. Perubahan pada permukaan laut itu sendiri terjadi dikarenakan oleh adanya gempa bumi yang saat itu berada di bawah laut, longsor bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, atau hantaman meteor yang terjadi di laut.
Kata tsunami sendiri sebenarnya berasal dari bahasa negara Jepang, tsu artinya adalah pelabuhan & nami artinya adalah gelombang. Bencana tsunami ini merupakan termasuk bencana alam yang paling berbahaya. Sebab terjadinya tsunami tidak bisa diprediksi kapan aka terjadinya dan sangat sulit untuk mencegah akan datangnya tsunami yang memiliki kecepatan tinggi.
Gambar Bencana Alam Tsunamimacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

5. BENCANA ALAM TANAH LONGSOR

Tanah longsor atau biasa disebut dengan pergerakan tanah adalah suatu peristiwa bencana alam geologi yang terjadi dikarenakan adanya pergerakan masa tanah atau batuan dengan berbagai jenis. Seperti longsong yang jatuhnya adalah bebatuan ataupun suatu gumpalan tanah yang besar.
Secara umum terjadinya longsor bisa diakibatkaan karena dua faktor yaitu seperti faktor pendorong dan juga pada faktor pemicu. Faktor pendorong sendiri adalah faktor-faktor yang mampu mempengaruhi suatu kondisi material itu sendiri. Dan sedangkan adanya faktor pemicu adalah sebuah faktor yang mengakibatkan dan menyebabkan akan bergeraknya material tersebut.
Bencana longsor juga bisanya terjadi karena diakibatkan hujan yang memang cukup lebat dan pada tanah tersebut tidak sama sekali ditumbuhi dengan tanaman maka mulai terjadilah longsor itu. Tanaman sangat berguna sebagai menahan tanah-tanah suapay tidak mudah untuk longsor ataupun terseret.
Ada juga bencana sebuah tanah longsor yang terjadi dengan cara yang alami. Hal itu dikarenakan memang tanahnya saja yang kurang padat dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi dan letak kemiringan yang memang cukup curam.
Gambar Bencana Alam Tanah Longsormacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

6. BENCANA ALAM KEBAKARAN HUTAN LIAR

Kebakaran hutan bisa terjadi oleh alam itu sendiri namun bisa juga dikaitkan karena adanya ulah tangan manusia yang memang tidak bertanggung jawab. Adanya sebuah kebakaran hutan bila sampai terjadi maka akan cukup sulit kita untuk memadamkannya. Karena faktor luas daerah yang terbakar dan juga karena lokasinya yang memang jauh dari adanya tempat penanggulangan bencana.
Bahaya yang bisa timbul karena terjadinya kebakaran hutan adalah adanya asap yang kemudian dihasilkan mampu merusak pernapasan. Kebakaran hutan dengan cara liar adalah kebakaran hutan yang memang terjadi di alam liar karena gesekan ranting ataupun samabaran petir dan juga karena kemarau yang begitu panas.
Jika kebakaran hutan itu terjadi karena ulah manusia, sudah bisa dipastikan bahwa karena danya keserakahan dari manusia dalam membuka lahan tanpa harus melihat terlebih dahulu akan akibat yang bisa ditimbulkan.
Gambar Bencana Alam Kebakaran Hutan Liarmacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

7. BENCANA ALAM ANGIN TOPAN/ANGIN PUTING BELIUNG

Angin topan atau puting beliung adalah angin yang berputar dengan memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan angin itu bergerak secara garis lurus dengan lama durasinya maksimal 5 menit. Di Indonesia sendiri adanya bencana alam ini biasa disebut dengan sebutan puting beliung atau juga angin lesus. Namun di Amerika angin topan ini biasa disebut dengan angin Tornado.
Bencana alam angin puting beliung saat ini belum dapat diprediksi akan kejadiannya. Karena didalam teknologi yang masih kurang memadai. Namun bila di negara Amerika adanya bencana topan sudah mampu diprediksi kapan waktu akan terjadinya serta dimana tempatnya. Sehingga mampu menghimbau para warga untuk segera untuk mengungsi.
Gambar Bencana Alam Angin Topan/Angin Puting Beliungmacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

8. BENCANA ALAM KEKERINGAN 

Kekeringan adalah dimana suatu keadaan kekurangan pasokan pada air yang ada di suatu daerah. Denga masa waktu yang sangat amat panjang bisa sampai waktu yang berbulan-bulan hingga sampai bertahun-tahun). Biasanya adanya bencana ini akan terjadi apabila pada suatu wilayah telah secara terus-menerus curah hujannya berada di bawah rata-rata.
Musim kemarau yang memang panjang bisa menyebabkan kekeringan dan cadangan air tanah akan menjadi habis yang diakibatkan karena penguapan (evaporasi), transpirasi dan lainnya.
Bencana kemarau ini hampir pada tiap tahun terjadi pada berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tidak hanya di ngara Indonesia, terjadinya bencana ini memang sudah umum terjadi di negara-negara yang lainnya di dunia.
Gambar Bencana Alam Kekeringanmacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

9. BENCANA ALAM WABAH 

Bencana Wabah adalah istilah umum dari sebutan suatu kejadian karena tersebarnya penyakit pada suatu daerah yang cukup luas yang banyak orang. Untuk menyebutkan penyakit apa saja yang menyebar tersebut. Wabah dipelajari dalam epidemiologi.
Epidemiologi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani epi yang memiliki arti pada dan juga demos. Arti dari rakyat adalah suatu penyakit yang timbul sebagai kasus yang baru pada pada suatu populasi yang tertentu pada manusia, dalam satu periode waktu tertentu, dengan waktu yang melampaui “ekspektasi” atau dugaan, yang didasarkan pada suatu pengalamn yang mutakhir.
Dengan kata lain epidemi sendiri adalah suatu wabah yang terjadi lebih cepat daripada yang telah diduga sebelumnya. Jumlah dari kasus baru adanya penyakit di dalam suatu populasi dan dalam periode yang tertentu disebut dengan  incidence rate = “kecepatan timbulnya penyakit”.

10. BENCANA ALAM PEMANASAN GLOBAL/GLOBAL WARMING

Global warming atau biasa disebut pemanasan global adalah suatu peristiwa yang meningkatnya ssuatu uhu rata-rata dari atmosfer bumi, laut dan juga daratan bumi. Pemanasan global bisa terjadi disebabkan karena efek timbal balik, efek rumah kaca, variasi matahari dan lain sebagainya.
Gambar Bencana Alam Pemanasan Global/Global Warningmacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

11. BENCANA ALAM BADAI TROPIS/SIKLON TROPIS

Macam macam bencana alam yang terakhir adalah badai tropis. Badai tropis atau biasa disebut siklon tropis adalah sebuah badai sirkuler yang mampu menimbulkan angin kencang yang bisa merusak pada daerah sekitar 250 mil dari pusatnya. Siklon tropis bisa menyebabkan adanya kerusakan yang disebabkan oleh angin kencang, gelombang badai dan juga hujan lebat.
Gelombang badai adalah pada saat naiknya permukaan laut pada sepanjang pantai dengan cara cepat karena arah angin menggerakkanya ke arah pantai.
Gambar Bencana Alam Badai Tropis/Siklon Tropismacam macam bencana alam dan penyebabnyamacam macam bencana alam

JENIS-JENIS BENCANA ALAM

JENIS BENCANA ALAM METEOROLOGI

Bencana alam meteorologi/hidrometeorologi adalah bencana alam yang ada hubungannya dengan iklim. Bencana alam ini pada umumnya tidak akan terjadi pada tempat yang khusus. Bencana alam memiliki sifat meteorologis yang paling banyak terjadi pada seluruh dunia, seperti banjir dan juga kekeringan. Kekhawatiran yang terbesar pada saat masa modernisasi pada sekarang ini adalah terjadinya sebuah pemanasan global.

JENIS BENCANA ALAM GEOLOGI

Bencana alam geologi adalah suatu bencana alam yang biasanya terjadi pada suatu permukaan bumi seperti adanya gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan tanah longsor. Contoh bencana alam geologi yang paling umum adalah gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan tanah longsor.

JENIS BENCANA ALAM ESTRA-TERESTIAL

Bencana alam ekstra-terestial adalah suatu bencana alam yang akan terjadi di luar angkasa tempatnya. Bencana yang datang dari dari luar angkasa ini adalah datangnya berbagai macam benda langit seperti suatu asteroid atau adanya gangguan badai matahari. Walau dampaknya kecil dan tidak berpengaruh besar, asteroid yang kecil tersebut memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga mampu menimbulkan untuk menabrak bumi.
SUMBER;http://lenterahidup.net/macam-macam-bencana-alam-dan-penyebabnya/

Share:

1 komentar:

  1. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Keunggulan Legenda QQ :
    - MINIMAL DEPO & WD 20.000
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24 JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

cursor

White Fire Pointer

s.i.d

small rss seocips Music MP3
Ayo bro dengerin music ini !!!
/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-10/cur938.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-10/cur938.gif), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

BTemplates.com

BTemplates.com